Profil Lembaga

  • Tanggal Berdiri    : 12 Juli 2009
  • Lokasi                Kp. Selakopi Desa Sirnajaya Kec Gununghalu Kab. Bandung Barat
  • Kepala Sekolah  : Pepen Supendi
TUJUAN
  • Berorientasi pada Kebutuhan Anak
  • Belajar melalui bermain
  • Lingkungan yang kondusif
  • Menggunakan pembelajaran terpadu
  • Mengembangkan berbagai kecakapan hidup
KOMPONEN KURIKULUM
  • Anak
    Sasaran layanan pendidikan anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 2 – 5 tahun. Pengelompokan anak didasarkan pada usia sebagai berikut :
    a. 2 tahun – 3 tahun 6 bulan, Kelas A
    b. 3 tahun 7 bulan – 5 tahun, Kelas B
    Berdasarkan perbandingan antara jumlah pendidikan dan luas bangunan belajar, maka akan di buka pendaftaran murid sebanyak 80 siswa pada tiap-tiap kelas.
  • Pendidik
    Kompetensi Pendidik anak usia dini memiliki kualifikasi akademik sekurang-kurangnya SMA dan  (Diploma II) di bidang pendidikan anak usia dini, kependidikan lain, atau psikologi; dan memiliki pengalaman profesi guru PAUD atau sekurang-kurangnya telah mendapat pelatihan pendidikan anak usia dini. Adapun rasio pendidik dan anak adalah 1 banding 20, sehingga pendidik yang di butuhkan sebanyak 4 orang guru.
  • Pembelajaran
    Pembelajaran dilakukan melalui kegiatan bermain yang dipersiapkan oleh pendidik dengan menyiapkan materi (content), dan proses belajar. Materi belajar bagi anak usia dini dibagi dalam 2 kelompok usia.
    Materi 2 sampai 3 tahun meliputi :
    • Pengenalan diri sendiri (Perkembangan konsep diri)
    • Pengenalan perasaan (Perkembangan emosi)
    • Pengenalan tentang orang lain (Perkembangan Sosial)
    • Pengenalan berbagai gerak (perkembangan Fisik)
    • Mengembangkan komunikasi (Perkembangan bahasa)
    • Ketrampilan berfikir (Perkembangan kognitif)
    Materi untuk anak usia 3 – 6 tahun meliputi :
    • Keaksaraan mencakup peningkatan kosa kata dan bahasa, kesadaran phonologi, wawasan pengetahuan, percakapan, memahami buku-buku, dan teks lainnya.
    • Konsep Matematika mencakup pengenalan angka-angka, pola-pola dan hubungan, geometri dan kesadaran ruang, pengukuran, pengumpulan data, pengorganisasian, dan mempresentasikannya.
    • Pengetahuan Alam lebih menekankan pada objek fisik, kehidupan, bumi dan lingkungan.
    • Pengetahuan Sosial mencakup hidup orang banyak, bekerja, berinteraksi dengan yang lain, membentuk, dan dibentuk oleh lingkungan. Komponen ini membahas karakteristik tempat hidup manusia, dan hubungannya antara tempat yang satu dengan yang lain, juga hubungannya dengan orang banyak. Anak-anak mempelajari tentang dunia dan pemetaannya, misalnya dalam rumah ada ruang tamu, ruang tidur, kamar mandi, dapur, ruang keluarga, ruang belajar; di luar rumah ada taman, garasi, dll. Setiap rumah memiliki tetangga dalam jarak dekat atau jauh.
    • Seni mencakup menari, musik, bermain peran, menggambar dan melukis. Menari, adalah mengekspresikan ide ke dalam gerakan tubuh dengan mendengarkan musik, dan menyampaikan perasaan. Musik, adalah mengkombinasikan instrumen untuk menciptakan melodi dan suara yang menyenagkan. Drama, adalah mengungkapkan cerita melalui aksi, dialog, atau keduanya. Seni juga mencakup melukis, menggambar, mengoleksi sesuatu, modeling, membentuk dengan tanah liat atau materi lain, menyusun bangunan, membuat boneka, mencap dengan stempel, dll.
    • Teknologi mencakup alat-alat dan penggunaan operasi dasar. Kesadaran Teknologi. Komponen ini membahas tentang alat-alat teknologi yang digunakan anak-anak di rumah, di sekolah, dan pekerjaan keluarga. Anak-anak dapat mengenal nama-nama alat dan mesin yang digunakan oleh manusia sehari-hari.
    • Ketrampilan Proses mencakup pengamatan dan eksplorasi; eksperimen, pemecahan masalah; dan koneksi, pengorganisasian, komunikasi, dan informasi yang mewakili.
  • Penilaian (Assesmen)
    Assesmen adalah proses pengumpulan data dan dokumentasi belajar dan perkembangan anak. Assesmen dilakukan melalui : observasi, konfrensi dengan para guru, survey, wawancara dengan orang tua, hasil kerja anak, dan unjuk kerja. Keseluruhan penilaian / assesmen akan di buat dalam bentuk raport.